Diklatsar PMR Mengusung Tema "Aktif, Kreatif, Inovatif dan Berdedikasi"

Diposting pada: 2014-12-26, oleh : Nova Arri Kurniawan, Kategori: Kegiatan Siswa

Liburan akhir semester gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 telah dimulai sejak tanggal 22 Desember kemarin. Namun di hari libur ini, bukan berarti SMP Negeri 1 Bumiayu tanpa kegiatan. Selama dua hari, rabu dan kamis, 24-25 Desember 2014, dilaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Palang Merah Remaja (Diklatsar PMR). 

 

Di bawah asuhan pembina ekstrakurikuler PMR dan UKS, Bapak M Izzat Ibrahim SPd dan Ibu Rohayah Ika Nur Isnaeni SPd, sebanyak 40 peserta mengikuti diklat, terdiri dari 35 siswa anggota PMR dan 5 siswa pengurus OSIS.

 

Di hari pertama (24-Des), bertempat di aula sekolah, kegiatan Diklatsar PMR dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah, Bapak Kris Sartono SPd. Dalam sambutannya beliau menekankan kepada para peserta untuk bisa menangkap dan memahami seluruh materi diklat yang akan disampaikan para narasumber untuk selanjutnya diterapkan dalam berbagai kegiatan setelah diklat nanti.

 

Narasumber yang mengisi materi diklat di hari pertama adalah Dokter Dedy Iskandar dari RSUD Bumiayu yang mengisi materi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Selanjutnya adalah Regu PMR SMK Negeri 1 Tonjong yang membawakan materi dasar keterampilan Palang Merah Remaja (PMR) serta menularkan berbagai kegiatan dan pengalaman dalam organisasi PMR di sekolah. Materi berikutnya adalah tentang penyakit thypus dan beberapa penyakit lainnya yang disampaikan oleh Nurhidayati, mahasiswa Politeknik Kesehatan Negeri Semarang. Semua peserta nampak antusias melahap seluruh materi yang disampaikan di hari pertama ini.

 

Di hari kedua (25-Des), kegiatan difokuskan pada praktek dan game. Narasumber yang mengisi kegiatan outbound ini adalah regu dari Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Jawa Tengah. Regu Basarnas ini adalah regu untuk wilayah Jateng bagian Barat, yang baru saja bertugas di lokasi longsor Banjarnegara dan menuju Posko Siaga Gunung Slamet. Regu Basarnas dengan sukarela menyempatkan diri untuk memberi sebagian ilmunya untuk para peserta Diklat PMR dan UKS ini.

 

Beberapa meteri yang disampaikan oleh Regu Basarnas antara lain adalah game-game yang biasa disajikan di lokasi pengungsian untuk menghibur sekaligus membangkitkan mental anak-anak korban bencana. Selain itu para peserta diklat juga diajarkan cara evakuasi korban bencana turun dari tempat yang tinggi dengan bantuan tali. Seluruh peserta mempraktekkan dengan turun dari lantai 2 aula dan semua peserta bisa melaksanakan dengan baik. Selanjutnya, sebagai penutup materi, para peserta diwajibkan meluncur dari lantai 2 sekolah dengan tali (flying fox).

 

Menurut pembina ekstrakurikuler PMR, Bapak M Izzat Ibrahim SPd, tujuan dari kegiatan diklatsar PMR ini selain sebagai pelantikan anggota baru, juga sebagai sarana untuk membekali para peserta agar lebih cakap dalam materi, praktek dan kerjasama regu PMR sehingga akan lebih cakap pula dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

 

Good Luck PMR Spensabum...


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
15682 Total Hits Halaman
2907 Total Pengunjung
253 Hits Hari Ini
28 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online