Seminar Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (PKRR)

Diposting pada: 2014-10-22, oleh : Nova Arri Kurniawan, Kategori: Kegiatan Siswa

SMP Negeri 1 Bumiayu, sebagai satu-satunya sekolah yang berlabel Sekolah Standar Nasional (SSN) di Kecamatan Bumiayu, selalu dituntut untuk mempunyai nilai lebih dibanding sekolah lainnya. Di tahun 2014 ini, pengembangan SSN diimplementasikan dalam bentuk seminar dan workshop. Di bulan Agustus dan September lalu, kegiatan Pengembangan SSN sudah dilaksanakan dalam bentuk Workshop untuk guru SMP Negeri 1 Bumiayu. Workshop tersebut adalah tentang penyusunan RPP dan silabus serta model-model pembelajaran untuk Kurikulum 2013.

 

Selanjutnya, pada hari selasa (21-Okt) digelar seminar untuk para siswa. Judul seminar yang diambil dalam rangka Pengembangan SSN untuk siswa ini adalah Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (PKRR). Bertempat di aula sekolah, sebanyak 94 siswa yang merupakan perwakilan kelas VII, VIII dan IX, nampak antusias mengikuti seminar ini. Bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Muhammad Amrulloh ST yang merupakan petugas penyuluh dari Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes.

 

Materi yang disampaikan dalam seminar Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (PKRR) ini antara lain pengertian remaja dengan berbagai permasalahannya, pubertas, proses ilmiah reproduksi, penyakit menular seksual (PMS), HIV/AIDS dan lain-lain. Pembicara menekankan bahwa berbagai informasi ilmiah seputar reproduksi remaja memang sangat penting untuk diketahui. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan para remaja sehingga mereka bisa menghindari bahayanya dampak negatif yang timbul dari bebasnya pergaulan remaja di masa sekarang ini.

 

Antusiasme para peserta seminar semakin nampak pada sesi tanya jawab. Beberapa peserta menanyakan beberapa hal yang memang belum mereka pahami sebelumnya, di antaranya tentang tanda-tanda psikologis perubahan emosional pada saat pubertas, cara pengendalian diri agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, serta antisipasi agar tidak terjerumus dalam perangkap narkoba. Beberapa pertanyaan tersebut dijawab tuntas oleh narasumber sehingga peserta nampak puas dengan penyelenggaraan seminar ini.

 

Joko Susilo SPd, selaku ketua panitia pelaksana kegiatan Pengembangan SSN tahun ini menambahkan, selain beberapa seminar dan workshop yang sudah digelar, masih ada lagi workshop berikutnya, yaitu Workshop Teknik Penilaian Kurikulum 2013 yang rencananya akan dilaksanakan hari kamis besok (23-Okt).

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
15700 Total Hits Halaman
2907 Total Pengunjung
271 Hits Hari Ini
28 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online