OSIS SMPN 1 Bumiayu Salurkan Hewan Qurban ke Dukuh Maribaya

Diposting pada: 2014-10-06, oleh : Nova Arri Kurniawan, Kategori: Kegiatan Siswa

Hari minggu pagi, 5 Oktober 2014, OSIS SMP Negeri 1 Bumiayu kembali melaksanakan kegiatan berqurban. Untuk Idul Adha tahun 1435 H ini, kegiatan qurban dipusatkan di Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu. Sebanyak 4 ekor kambing diserahkan langsung oleh Ketua OSIS SMP Negeri 1 Bumiayu, Ilham Azhar Amrullah kepada tokoh masyarakat Dukuh Maribaya, Imam Ibnu Hajar.

 

Sudah menjadi kegiatan rutin tahunan OSIS, bahwa penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di daerah yang membutuhkan. Dipilihnya dukuh Maribaya karena daerah tersebut dianggap layak untuk menerima hewan qurban.

 

Hewan qurban diantar langsung oleh pengurus OSIS dengan menggunakan mobil bak terbuka menuju dukuh Maribaya yang terletak di Desa Kalinusu berjarak sekitar 17 km dari kota Kecamatan Bumiayu. Namun dikarenakan jalan yang dilalui sangat rusak, maka Dukuh Maribaya terasa sangatlah jauh.

 

Menurut Suroso, salah seorang warga, Dukuh Maribaya dihuni oleh sekitar 150 kepala keluarga eksodan Aceh dan 30 kepala keluarga asli pribumi sekitar Bumiayu. Sebagian besar warganya bermatapencaharian sebagai petani ketela, padi dan pisang.

 

Pengadaan hewan qurban dilaksanakan dengan cara iuran sukarela dari siswa-siswi SMP Negeri 1 Bumiayu yang dikelola oleh Bendahara OSIS. Dalam jangka waktu sekitar dua minggu berhasil terkumpul dana yang bisa digunakan untuk membeli hewan qurban berupa 3 ekor kambing, ditambah seekor kambing dari Kepala Sekolah, Sugiarto SPd MM. Berdasarkan kesepakatan bersama, tiga ekor kambing diatasnamakan tiga siswa SMP Negeri 1 Bumiayu yang tidak mampu untuk menjadi sohibul qurban.

 

Bapak Imam Ibnu Hajar, kadus Maribaya atas nama warga mengucapkan terima kasih atas kepedulian OSIS SMP Negeri 1 Bumiayu seraya mendoakan semoga hewan yang dikurbankan diterima oleh Allah SWT sehingga mendapat pahala yang setimpal.

 

Pembina OSIS SMPN 1 Bumiayu, Muji Suwito SPd menjelaskan bahwa teknis Pembina OSIS, Muji Suwito SPd menambahkan bahwa teknik berqurban seperti ini, selain bertujuan memperoleh pahala dari Allah SWT, juga untuk melatih kepekaan serta kepedulian siswa bahwa di sekitar kita masih banyak warga yang membutuhkan.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
15678 Total Hits Halaman
2907 Total Pengunjung
249 Hits Hari Ini
28 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online