Siswa kelas VIII Berwisata ke Ibukota Jakarta dan Bandung

Diposting pada: 2016-10-12, oleh : Nova Arri Kurniawan, Kategori: Kegiatan Siswa

Sudah menjadi kegiatan rutin tahunan, setiap peserta didik kelas VIII (delapan) SMP Negeri 1 Bumiayu melaksanakan kegiatan Study Tour. Di tahun pelajaran 2016/2017 ini, kegiatan Study Tour dilaksanakan seusai Ulangan Tengah Semester (UTS) Gasal yaitu tanggal 9-11 Oktober 2016 dengan mengambil obyek wisata ke Ibukota Jakarta dan Kota Kembang Bandung.

 

Pada hari minggu malam senin, 9 Oktober 2015 sekitar pukul 20.00 Wib, sebanyak 6 armada bus pariwisata berangkat dari halaman sekolah dengan mengangkut sebanyak 288 peserta didik dan 24 guru pendamping untuk menuju Kota Jakarta. Sekitar pukul 4 pagi rombongan tiba di komplek Masjid Istiqlal Jakarta untuk bersih-bersih badan dan sholat Subuh berjamaah.

 

Selepas sholat sembari menunggu jadwal sarapan pagi, para siswa bersantai menikmati kemegahan masjid terbesar se Asia Tenggara ini. Kesempatan ini digunakan para siswa untuk berjalan-jalan di seputar taman masjid Istiqlal sambil mengabadikan momen dengan berfoto selfy maupun bersama teman sekelas.

 

Masjid Istiqlal yang dibangun pada tahun 1951 diprakarsai oleh Presiden Soekarno memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.

 

Sekitar pukul 07.00 selepas sarapan, rombongan bertolak menuju Gelangang Samudera Ancol (GSA). Di lokasi GSA, peserta didik menikmati beberapa wahana yang ada di GSA, antara lain pertunjukkan film 4 dimensi, atraksi stuntman Scorpion Pirates dan pertunjukkan aneka satwa.

 

Selepas makan siang di RM Laut Biru Ancol, rombongan menuju Dunia Fantasi (Dufan). Dengan menggunakan tiket terusan, seluruh peserta didik bebas menikmati berbagai wahana yang ada di area Dunia Fantasi, antara lain Halilintar, Histeria, Bianglala, Tornado, Istana Boneka, Ice Age, Ontang-anting, Kicir-kicir, Treasure Land, dan lainnya.

 

Tanpa terasa sampai pukul 5 sore rombongan bersenang-senang di Dufan. Wisata di kota Jakarta diakhiri dengan shopping di ITC Cempaka Mas Jakarta Pusat. Para siswa nampak berbelanja bermacam souvenir tersedia di ITC. Selepas dari ITC, rombongan menuju ke hotel untuk beristirahat setelah seharian berwisata.

 


Wisata di Gunung Tangkuban Perahu

 

Setelah menginap semalam di hotel, pagi harinya para peserta nampak segar dan siap melanjutkan perjalanan ke Kota Bandung. Obyek wisata yang dituju adalah Gunung Tangkuban Perahu. Obyek wisata alam Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 20 km arah utara dari kota Bandung.

 

Sekitar pukul 12 siang rombongan sampai di puncak Gunung Tangkuban Perahu. Para peserta nampak senang menikmati keindahan kawah Gunung Tangkuban Perahu. GUnung yang berada di ketinggian 2084 meter di atas permukaan lau ini adalah salah satu gunung yang masih aktif. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya semburan asap berbau belerang di salah satu sudut kawah. Tak seperti gunung berapi lainnya, puncak Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk memanjang dan mirip sebuah perahu yang terbalik. Kisah fiktif tentang asal mula gunung Tangkuban Perahu bisa disimak pada Legenda Sangkuriang.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
15689 Total Hits Halaman
2907 Total Pengunjung
260 Hits Hari Ini
28 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online