Annisa dan Taruna, Presiden dan Wapres OSIS Spensabum 2016-2017

Diposting pada: 2016-09-09, oleh : Nova Arri Kurniawan, Kategori: Kegiatan Siswa

Kamis pagi tanggal 8 September 2016, OSIS SMP Negeri 1 Bumiayu menggelar kegiatan pesta demokrasi tahunan yaitu Pemilihan Ketua OSIS atau Pilketos. Ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Pilketos yang sudah berlangsung kurang lebih seminggu, mulai dari pembentukan panitia/KPPS, pendaftaran calon, pengundian nomor urut, serta sosialisasi visi misi calon melalui debat calon dan kampanye terbuka.

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mempertandingkan orang per orang, tahun ini calon pimpinan OSIS Spensabum kali ini diperebutkan dengan sistem berpasangan laksana presiden can wapres. Tiga pasang kontestan yang bertanding adalah pasangan nomor urut 1 (Wiyandita Ahfani Salma dan Luma Nahdiya Ulfah), nomor urut 2 (Anugrah Aji Suprastyo dan Gigih Wijayanto) dan pasangan nomor urut 3 (Annisa Nur Fitria dan Taruna Wicaksono Harsetya).

 

Kegiatan Pilketos dimulai pukul 08.00 diawali dengan pembukaan dan sekaligus pembacaan sumpah janji Panitia Pemungutan Suara yang dibacakan oleh Ketua OSIS periode 2015-2016, Amelia Dzakiyah Rahma.

 

Proses pemilihan Ketua OSIS Spensabum diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil laksana Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden RI. Teknisnya adalah dengan mencoblos surat suara, memasukkan ke dalam kotak suara serta mencelupkan jari di tinta. Seluruh peserta didik nampak antusias menyalurkan hak pilihnya sebagai warga OSIS SMP Negeri 1 Bumiayu. Kotak suara yang disediakan terbagi menjadi tiga kotak, yaitu kotak suara kelas 7, kelas 8 dan kelas 9.

 

Perhelatan kegiatan Pilketos terasa semakin ramai tatkala mulai masuk proses Penghitungan Suara yang dilakukan secara urut dari kelas 7, kelas 8 dan kelas 9. Ketiga pasangan calon menyaksikan langsung proses penghitungan suara. Meski diselingi dengan canda antar pasangan calon, namun tidak dapat ditutupi nampak raut ketegangan di antara mereka.

 

Tepat pukul 12.00 Wib, setelah seluruh surat suara dihitung dan digabungkan semua kelas, akhirnya berhasil menjadi pemenang dalam Pilketos tahun ini adalah pasangan nomor urut 3 yaitu pasangan Annisa Nur Fitria dan Taruna Wicaksono Harsetya, dengan perolehan 341 suara sehingga berhak menduduki posisi Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2016-2017. Berikutnya pasangan nomor urut 1 (Wiyandita Ahfani Salma dan Luma Nahdiya Ulfah) dengan 236 suara dan pasangan nomor urut 2 (Anugrah Aji Suprastyo dan Gigih Wijayanto) dengan 126 suara.

 

Menurut Pembina Kesiswaan, Bapak Yuli Arianto SPd, kegiatan pilketos ini adalah kegiatan rutin tahunan yang merupakan ajang pembelajaran berdemokrasi bagi peserta didik di lingkungan sekolah. Bukanlah tentang siapa kalah siapa menang yang menjadi tujuan utama kegiatan ini, namun nilai pembelajaran yang terpenting, karena nantinya ketiga pasang calon ini akan bekerja sama bahu membahu mempertahankan kejayaan OSIS spensabum.

 

Selamat buat para calon pemimpin masa depan dan seluruh Pengurus OSIS Spensabum.
Semoga OSIS Spensabum semakin sukses dan jaya di masa mendatang.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
15705 Total Hits Halaman
2907 Total Pengunjung
276 Hits Hari Ini
28 Pengunjung Hari Ini
3 Pengunjung Online