Siswa-siswi Spensabum Naik Gunung Tangkuban Perahu

Diposting pada: 2015-10-28, oleh : Nova Arri Kurniawan, Kategori: Kegiatan Siswa

Sudah menjadi kegiatan rutin tahunan, setiap peserta didik kelas VIII (delapan) SMP Negeri 1 Bumiayu melaksanakan kegiatan Study Tour. Di tahun pelajaran 2015/2016 ini, kegiatan Study Tour dilaksanakan seusai Ulangan Tengah Semester (UTS) Gasal yaitu tanggal 24-26 Oktober 2015 dengan mengambil obyek wisata ke Bandung dan Jakarta.

 

Pada hari sabtu malam, 24 Oktober 2015 sekitar pukul 20.00 Wib, sebanyak 6 armada bus pariwisata berangkat dari halaman sekolah dengan mengangkut sebanyak 287 peserta didik dan 24 guru pendamping. Sekitar pukul 04.00 Wib rombongan tiba di RM Suka Sari Cipacing Kabupaten Bandung. Di lokasi ini seluruh peserta beristirahat sejenak untuk melakukan sholat subuh serta bersih-bersih badan. Sekitar pukul 07.00 selepas sarapan, rombongan bertolak menuju obyek wisata alam Gunung Tangkuban Perahu yang berada sekitar 20 km arah utara dari kota Bandung.

 

Selama kurang lebih 3 jam peserta menikmati keindahan kawah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang berada di ketinggian 2084 meter di atas permukaan laut ini adalah salah satu gunung yang masih aktif. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya semburan asap berbau belerang di salah satu sudut kawah. Tak seperti gunung berapi lainnya, puncak Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk memanjang dan mirip sebuah perahu yang terbalik. Kisah fiktif tentang asal mula gunung Tangkuban Perahu bisa disimak pada Legenda Sangkuriang.

 

Setelah dari obyek wisata alam Gunung Tangkuban Perahu, sedianya rombongan akan memasuki Kota Bandung menuju Museum Geologi. Namun berkenaan dengan adanya pawai kirab Piala Presiden 2015 yang baru saja diraih oleh Persib Bandung, akses jalan menuju kota ditutup karena macet total sehingga perjalanan wisata dialihkan dengan langsung menuju Kota Jakarta yaitu ke Monumen Pancasila Sakti.

 


Wisata di Ibukota Jakarta

 

Minggu sore, 25 Oktober 2015, rombongan study tour SMP Negeri 1 Bumiayu mengunjungi obyek wisata sejarah Monumen Pancasila Sakti. Di kawasan ini, peserta menyaksikan beberapa koleksi sejarah di Museum Pengkhianatan PKI, melihat langsung sumur tua Lobang Buaya serta Monumen 7 Pahlawan Revolusi.

 

Minggu malam rombongan menuju penginapan yaitu di asrama Islamic Centre Bekasi untuk beristirahat. Di pagi harinya, rombongan menuju Gelangang Samudera Ancol (GSA). Di lokasi GSA, peserta didik menikmati beberapa wahana yang ada di GSA, antara lain pertunjukkan film 4 dimensi, atraksi stuntman Scorpion Pirates dan pertunjukkan aneka satwa.

 

Selepas makan siang di RM Laut Biru Ancol, rombongan menuju Dunia Fantasi (Dufan). Dengan menggunakan tiket terusan, seluruh peserta didik bebas menikmati berbagai wahana yang ada di area Dunia Fantasi, antara lain Halilintar, Histeria, Bianglala, Tornado, Istana Boneka, Ice Age, Ontang-anting, Kicir-kicir, Treasure Land, dan lainnya.

 

Tanpa terasa sampai pukul 5 sore rombongan bersenang-senang di Dufan. Wisata di kota Jakarta diakhiri dengan shopping di ITC Cempaka Mas Jakarta Pusat. Para siswa nampak berbelanja, bermacam souvenir tersedia di ITC yang bisa dibeli sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
15720 Total Hits Halaman
2907 Total Pengunjung
291 Hits Hari Ini
28 Pengunjung Hari Ini
3 Pengunjung Online