Idul Adha 1436 Hijriyah, SMP 1 Bumiayu Potong 2 Ekor Sapi Qurban

Diposting pada: 2015-09-26, oleh : Nova Arri Kurniawan, Kategori: Kegiatan Siswa

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Wa Lillaahilkhamd.... Jum’at pagi 25 Oktober 2015, suara takbir berkumandang di halaman belakang SMP Negeri 1 Bumiayu. Gema takbir yang dilantunkan oleh ratusan siswa Spensabum ini adalah dalam rangka mengiringi penyembelihan hewan qurban.

 

Di tahun 1436 Hijriyah ini, siswa-siswi SMP Negeri 1 Bumiayu melalui pengurus OSIS berhasil menghimpun dana untuk membeli hewan qurban berupa seekor sapi. Sedangkan dari guru-guru SMP Negeri 1 Bumiayu juga terkumpul 7 (tujuh) orang shohibul qurban yang juga diwujudkan menjadi seekor sapi, sehingga seluruhnya menjadi 2 (dua) ekor sapi.

 

Menurut Kepala Sekolah, Kris Sartono SPd, kegiatan pengadaan hewan qurban melalui sistem sumbangan sukarela ini bersifat latihan. Agar bisa mendapat nilai pahala qurban, seekor sapi tersebut diatasnamakan 7 (tujuh) orang siswa yatim piatu dan tidak mampu. Ketujuh siswa tersebut adalah SANI DWI NUR bin SUKARMO,KEVIN IMTINAN bin YAN SEBASTIAN, M. FAHMI ABDILLAH bin MUKTI, M. AL-AMIN bin BAHRUDDIN, NIZAM ULUL AZMY bin MASKUR, M. ALAN YANUAR bin BUDIARTO dan WAHYU PRADANA bin SYAMSURI.

 

Seekor sapi lagi adalah hewan qurban dari guru-guru, dengan nama shohibul qurban KRIS SARTONO bin SUKRISMAN, NUNING PUDJIASIH binti IRSYAD SUPARDI, SARNA bin RATMEJA, MUJI SUWITO bin SUPARDI, Hj SAFROTI binti AHMAD HISYAM, ENI WIHAYATI binti AFIFUDIN dan IRHAM FARIHI bin ABDURROHMAN.

 

Kegiatan qurban ini dilaksanakan sepenuhnya dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. Sedangkan para guru hanya memantau berlangsungnya kegiatan. Ketua OSIS Spensabum, Amelia Dzakiyah Rahma meyampaikan bahwa walaupun dari para siswa terkumpul hanya seekor sapi, hal ini menunjukkan bahwa sudah ada niat berqurban dari para siswa walaupun dengan cara gotong royong melalui iuran.

 

Setelah melalui proses penyembelihan, pemotongan hingga penimbangan, berhasil terkumpul 420 bungkus daging dengan berat 0.5 kg per bungkus. Sebanyak 350 bungkus daging didistribusikan melalui 64 orang pengurus OSIS dan perwakilan kelas yang bertugas memberikan kepada para mustahik di lingkungan rumah masing-masing. Selebihnya dibagikan kepada para panitia OSIS dan guru pendamping. Menurut Pembina OSIS, Bapak Muji Suwito SPd, sasaran utama pembagian daging qurban adalah masyarakat tidak mampu yang telah didata oleh para pengurus OSIS.

 

Tujuan dari kegiatan kurban ini selain meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, juga sebagai pelatihan bagi para siswa tentang tata cara penyembelihan hewan qurban, karena pada saatnya kelak mereka akan terjun di masyarakat. Sedangkan bagi organisasi OSIS manfaatnya adalah lebih meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakkan karena kepengurusan mereka baru saja dibentuk dua minggu lalu.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 2 komentar untuk berita ini

  • rifai
    2016-08-02

    semoga umat islam yang telah mu semakin sadar akan berkurban dan berbagi kebahagiaan kepada mereka yang kurang mu di setiap hari raya idul adha. lembaga yang menyediakan sapi qurban dan kambing yang membantu pelaksanaan qurban seperti www.globalqurban.com

  • global qurban
    2016-04-21

    kegiatan qurban seperti ini selain lebih mengenal qurban dan islam di lingkungan sekolah bisa menumbuhkan sisi ibadah dan berbagi pada siswa

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
15673 Total Hits Halaman
2907 Total Pengunjung
244 Hits Hari Ini
28 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online