Balivaganza Jadi yang Terbaik di Ajang Karnaval HUT RI ke-73 Tahun 2018

Diposting pada: 2018-09-04, oleh : Admin SMP N 1 Bumiayu, Kategori: Kegiatan Siswa

 

Seluruh rangkaian kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 usai sudah. Mulai dari berbagai kegiatan lomba di sekolah sampai partisipasi di tingkat Kecamatan. Puncak dari rangkaian kegiatan HUT RI tingkat Kecamatan Bumiayu adalah digelarnya Pawai Karnaval Apresiasi Seni dan Budaya pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pawai Karnaval Apresiasi Seni dan Budaya tahun ini mengambil Start di Lapangan Asri Bumiayu, menyusuri jalan protokol Kota Bumiayu, melewati panggung kehormatan di depan RSU Allam Medica Jatisawit, hingga finish di Lapangan Muncang.

 

Untuk tingkat SMP/MTs, Kontingen Karnaval SMP Negeri 1 Bumiayu kembali menjadi yang terbaik dalam pawai karnaval tahun ini. Tema yang diusung adalah "Dengan Semangat Proklamasi 1945, Kita Tingkatkan Kinerja dalam Mencetak Generasi Cerdas dan Hebat,Karena Kerja Kita adalah Prestasi Bangsa".

 

Dengan melibatkan siswa dan guru sebanyak 230 personil, kontingen Spensabum menampilkan budaya Bali. Setiap tahun SMP Negeri 1 Bumiayu selalu menampilkan budaya yang berganti-ganti, mulai dari budaya melayu, hindia, cina dan budaya Bali di tahun 2018 ini.

 

Pawai dibuka dengan penampilan Raja Bali Janasadu Warmadewa didampingi dua orang permaisuri dan prajurit kerajaan. Regu Paskibra Lamda Sakti tampil sebagai pembuka barisan. Delapan belas personil paskibra mendemontrasikan beberapa variasi gerakan.

 

Di belakang paskibra, regu Marching Band "Gita Dwija Nagara" tampil di hadapan masyarakat Bumiayu. Sebanyak 73 personil regu Marching Band mempersembahkan atraksi menghibur sepanjang jalan kota Bumiayu. Prestasi terkini yang diraih adalah Juara 1 Sudirman Cup di Purwokerto, Juara 1 Hari Jadi Kabupaten Brebes, Juara 1 PPDBI Open di Purwokerto dan Juara 2 Nusakambangan Open di Cilacap.

 

Sesuai dengan ajang karnaval tahun ini yang berlabel Apresiasi Seni dan Budaya, SMP Negeri 1 Bumiayu menampilkan beberapa budaya, antara lain Sendratari Ramayana yang berkolaborasi dengan tari kecak dan dua buah ogoh-ogoh setinggi 10 meter. Makna yang bisa diambil dari sendratari ini adalah segala bentuk keangkaramurkaan pada akhirnya akan dikalahkan oleh kebenaran. Sendratari ramayana dipermanis dengan penampilan ayu 24 putri-putri yang berkostum tradisional Bali yang tergabung dengan barisan Balivaganza.

 

Berikutnya adalah penampilan 22 peserta didik Spensabum yang menarikan tari Pendet. Tari pendet yang ditampilkan mengandung arti penyambutan atau tarian selamat datang kepada pejabat pemerintahan, dalam hal ini adalah Bupati Brebes Ibu Hj Idza Priyanti yang ikut menonton langsung pawai karnaval dari panggung kehormatan.

 

Barisan Karnaval SMP Negeri 1 Bumiayu ditutup dengan barisan "Tari Nusantara". Sebanyak 24 penari berpadu dalam keindahan gerak sebagai wujud cipta, rasa dan karsa anak bangsa yang menggambarkan semangat persatuan dalam kebhinekaan.

 

Hasil lomba Karnaval SMP tingkat Kecamatan Bumiayu :
-  Juara 1  :  SMP Negeri 1 Bumiayu
-  Juara 2  :  SMP Negeri 2 Bumiayu
-  Juara 3  :  SMP Negeri 3 Bumiayu


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
  • Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal 2018/2019

    Tanggal : 2018-10-02
    Tempat : SMPN 1 Bumiayu
    Keterangan : 2-8 Oktober 2018
  • 77165 Total Hits Halaman
    18154 Total Pengunjung
    144 Hits Hari Ini
    40 Pengunjung Hari Ini
    1 Pengunjung Online